LA 2 Modul II: Percobaan 2
1. Jurnal[Kembali]
2. Alat dan Bahan[Kembali]
a. Jumper
b. Panel DL 2203D
c. Panel DL 2203C
d. Panel DL 2203S
e. IC 7408 (JK filp flop)
f. Power DC
g. Switch (SW-SPDT)
h. Logicprobe
3. Rangkaian[Kembali]
4. Prinsip Kerja[Kembali]
Pada percobaan 2 ini menggunakan J-K Flip Flop. Dimana, kaki R (reset) dihubungkan ke B0 dengan inputan berupa 1, kaki S (set ) dihubungkan ke B1 dengan inputannya adalah 0 , kaki J dan K sama sama dihubungkan ke VCC, kemudian untuk kaki clk dihubungkan ke B2 dengan inputan 1. Untuk output sendiri yaitu untuk Q dihubungkan ke H7 dan untuk H6 dihubungkan ke 0. Apabila disimulasikan maka untuk ouput yang dihasilkan adalah Q bernilai 1 dan Q' bernilai 0. Hal ini disebabkan karena clk bersifat aktif low, dimana ia akan aktif saat berlogika 0. Karena pada kaki S (set), input yang diberikan adalah 0, maka akan mampu mengaktifkan rangkaian yang bekerja pada kondisi aktif low, sehingga output yang dihasilkan berlogika 1.
5. Video Percobaan[Kembali]
6. Analisis[Kembali]
a. Apa yang
terjadi jika B1 diganti clk pada kondisi 2?
Saat B1 diganti clk pada kondisi 2 maka B1 terhubung ke set sehingga
output yang didapatkan adalah Q=1 dan Q’=0. Namun, saat clk berlogika 1, maka
output yang didapatkan adalah Q=0 dan Q’=1.
b. Bandingkan
hasil percobaan dengan teori
Pada percobaan, B0=R dab B1=S dan untuk outputnya Q=H1 dan Q’=H6
· Keadaan 1 saat B1=1, B2=0 maka outputnya Q=0 dan Q’=1. B0 yang
terhubung pada kaki R aktif, artinya keadaan reset aktif. Hal ini sesuai dengan
teori.
· Keadaan 2 saat B1=0 dan B0=1 menghasilkan output Q=1 dan Q’=0. B1
yang terhubung pada kaki S aktif karena berlogika 0, sehingga set aktif. Hal
ini sesuai dengan teori.
· Keadaan 3 saat BI=0 dan B0=0 menghasilkan output Q=1 an Q’=1. Pada
tabel kebenaran, hal ini disebut dengan kondisi terlarang.
· Keadaan 4 saat B1=1 dan B0=1 artinya kaki R dan S tidak aktif,
sehingga rangkaian bergantung pada kaki T yang inputnya adalah clock. Dengan
input clock ini membuat output menjadi berubah-ubah.
c. Apa fungsi
masing-masing kaki flip-flop yang digunakan?
· Kaki S: digunakan untuk input yang ditandai dengan B1. Kaki S juga
disebut kaki set.
· Kaki J: digunakan sebagai inputan pengendali karena menentukan apa
yang dilakukan flip-flop saat pinggiran pulsa positif.
· Kaki R: digunakan sebagai pengendali input reset
· Kaki K: digunakan sebagai masukan pengendali. Digunakan dalam
pembuatan T flip-flop. Kaki digabung dengan kaki J dan dihubungkan ke VC
kemudian dihubugkan ke B2.
· Clock: berperan sebagai saklar yng berfungsi mengaktifkan dan
mengontrol input.
·
Kaki Q: kaki yang menampilkan hasil atau output dari percobaan
·
Kaki Q’: kaki yang menampilkan komplemen dari output dari kaki Q.
7. Download[Kembali]
HTML [download]
Rangkaian [download]
Video [download]
Datasheet [download]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar